Pages

Saturday, March 20, 2010

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Active Learning

Untuk menerapkan pembelajaran aktif beberapa hal harus diperhatikan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai sebagaimana mestinya. Melupakan hal-hal ini dapat saja membuat pembelajaran aktif tidak berhasil dan mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai.
a. Tujuan pembelajaran aktif harus ditegaskan dengan jelas
Harus diingat bahwa tujuan pembelajaran aktif adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis dari Siswa dan kapasitas Siswa untuk menggunakan kemampuan tersebut pada materi-materi yang diberikan. Pembelajarn aktif tidak semata-mata digunakan untuk menyampaikan informasi saja.
Lebih jauh lagi, pembelajaran aktif ini memiliki konsekuensi pada Siswa untuk mempersiapkan diri dengan baik di luar jam kuliah. Siswa memiliki tanggung jawab yang besar untuk mencari seluas-luasnya materi yang melatar-belakangi perkuliahan sehingga dapat berpartisipasi dengan baik dalam perkuliahan.
Pembelajaran aktif ditujukan agar Siswa secara aktif bertanya dan menyatakan pendapat dengan aktif selama proses pembelajaran. Dengan proses seperti ini diharapkan Siswa lebih memahami materi belajar.
b. Siswa harus diberitahu apa yang akan dilakukan
Pada saat awal kuliah-pada saat menjelsakan silabus kuliah – Siswa harus diberi penjelasan apa yang akan dilakukan sehingga Siswa dapat mengerti apa yang diharapkan darinya selama proses pembelajaran. Tekankan penjelasan ini berulang-ulang sehingga Siswa memiliki kesadaran dan keinginan yang tinggi untuk berpartisipasi.
c. Memberikan pengarahan yang jelas dalam diskusi
Diskusi dalam kelas merupakan tanggungjawab pengajar untuk menjaganya dalam alur dan tempo yang baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam diskusi adalah:
1) buat ringkasan dan hal-hal penting yang menjadi pendapat Siswa serta kembalikan ke dalam diskusi untuk dapat mengundang pendapat-pendapat lain,
2) terima terlebih dahulu semua pendapat yang berkembang dan beri kesempatan yang sama pada pendapat-pendapat lain,
3) tunggu sampai beberapa Siswa mengemukakan pendapat sebelum pengajar memberikan komentar,
4) setiap saat temukan isu penting yang menjadi bahasan dalam materi kuliah dan berikan penjelasan lebih lengkap dan arahkan diskusi pada isu-isu berikutnya.
d. Pertimbangkan teknik pembelajaran aktif yang dipergunakan
Setiap cara atau teknik dalam pembelajaran aktif memerlukan persiapan-persiapan yang berbeda tingkat kemudahannya begitu pula dalam pelaksanaannya. Oleh sebab itu perlu dipertimbangkan dengan baik teknik yang akan dipergunakan. Kombinasi beberapa cara sepanjang semester merupakan cara terbaik.
e. Penciptaan iklim pembelajaran aktif
Iklim pembelajaran aktif harus dapat diciptakan oleh pengajar. Beberapa cara untuk menciptakan ini adalah sebagai berikut:
1) pada awal pertemuan minta Siswa untuk menjelaskan ringkasan materi yang dibahas pada pertemuan sebelumnya
2) pada awal pertemuan minta Siswa untuk memberikan pandangan serta perkiraan mengenai materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut.
3) berikan contoh-contoh soal dan mintakan Siswa untuk menyelesaikannya secara bersama
4) secara periodik, hentikan memberi penjelasan dan minta Siswa untuk membuat ringkasan mengenai materi yang telah dibicarakan selama 2 menit. Kemudian minta Siswa mendiskusikannya dengan teman yang duduk di sebelahnya selama 2 menit.
5) bentuk kelompok-kelompok kecil dalam kelas untuk mendiskusikan suatu topik, latihan mengerjakan soal, atau membuat ilustrasi konsep yang dipelajari pada saat pertemuan tersebut.
6) minta Siswa pada akhir pertemuan untuk membuat pertanyaan atas materi pertemuan dan menukarkannya dengan teman yang duduk di dekatnya, kemudian minta mereka menjawabnya pada pertemuan verikutnya.
7) minta Siswa untuk menilai learning objective mana yang telah dicapai dengan pembahasan materi pada pertemuan tersebut.

0 comments:

Post a Comment